Apa itu ERP (Enterprise Resource Planning)
Apa itu ERP dan Apa Kegunaannya
15 Juli, 2022 oleh
Administrator
| No comments yet
 
ERP atau kepanjangan dari Enterprise Resource Planning merupakan suatu model sistem informasi yang memungkinkan untuk mengintegrasikan dan mengotomasi seluruh aktivitas operasional dalam sebuah bisnis yang mencakup keuangan, sumber daya manusia (human resource), pengadaan, penjualan dan bagian lain yang integral dalam berjalannya sebuah usaha.

Sistem ERP umumnya menggunakan database tunggal yang dapat beroperasi secara integrasi dan real time. Sistem ini dapat membantu tim berkomunikasi dengan baik sehingga sangat efisien dan efektif.


Awal Mula ERP
Istilah ERP diciptakan pada tahun 1990 oleh Gartner Group. Akan tetapi, konsepnya sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960-an. Saat itu, konsep ini hanya di terapkan pada manajemen inventaris dan kontrol di sektor manufaktur
ERP awalnya dibangun untuk membantu sistem di perusahaan manufaktur untuk mengelola proses pengadaan bahan baku, produksi, penjualan sampai ke accounting proses. Namun kemudian ERP berevolusi seiring dengan berjalannya waktu untuk menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan industri lain.


4. Keuntungan Menggunakan ERP
  1. Dengan adanya sistem ERP memberikan kemudahan bagi pemilik usaha maupun karyawan untuk mendapatkan informasi penting mengenail performa per departement sehingga informasi tersebut dapat dijadikan referensi untuk melihat poin yang perlu diperbaiki hingga rencana ke depannya.
  2. Dengan adanya sistem ERP yang tersentralisasi dan real time, akurasi dan konsistensi data lebih terjaga. Informasi yang realtime dan digunakan bersama-sama dapat dijadikan referensi untuk perusahaan dalam mengambil keputusan hingga menghemat pengeluaran perusahaan
  3. ERP membantu semua departemen untuk berjalan secara lebih terstruktur karena adanya otomasi. Para karyawan pun mampu terbebas dari pekerjaan yang sifatnya mengulang-ulang untuk fokus pada perencanaan dan implementasi strategi. 
  4. Selain itu, modul ERP sendiri dapat terus bertambah tanpa merubah sumber pusat data. Karena fleksibel, ERP menjadi sistem operasi yang bisa mengikuti perubahan dan penyesuaian yang dialami bisnis dari masa ke masa. ERP orisinil yang dibuat di awal akan tetap sama, sementara modul terus bertambah atau disesuaikan menurut kebutuhan


Hubungi Kami, untuk mengimplementasikan sistem ERP di perusahaan anda.


# ERP
Administrator 15 Juli, 2022
Share this post
Label
ERP
Arsip
Masuk to leave a comment